Minggu, 05 Desember 2010

PENINGGALAN SEJARAH

A. BENTUK-BENTUK PENINGGALAN SEJARAH
peninggalan sejarah artinya warisan masa lampau yang mempunyai nilai sejarah,peninggalan sejarah membantu kita mengetahui apa yang terjadi di masa lampau.
ada bermacam-macam bentuk peninggalan sejarah, peninggalan sejarah bisa berupa posil, peralatan dari masa lampau, prasasti, patung, bangunan, naskah/ tulisan, dan cerita atau hikayat
1.fosil
fosil adalah sisa-sisa tulang belulang manusia dan hewan atau tumbuhan yang membatu,tulang belulang dan tumbuhan itu berasal dari masa purba, mereka tertanam dari lapisan tanah. umumnya fosil-fosil ini sudah berumur jutaan tahun.dari fosil ini kita bisa mengetahui kehidupan pada jaman purba.
2. PERALATAN DARI JAMAN DULU
ada banyak peninggalan berupa peralatan yang dipakai pada jaman dahulu. peralatan itu di pakai untuk berburu, menangkap ikan, dan beratni. ada peralatan yang terbuat dari tulang,batu, dan logam. dari peningggalan-peninggalan ini kita bisa tahu kehidupan dan jenis pekerjaan orang pada masa lampau
3.PRASASTI
prasasti adalah tulisan-tulisan dari masa lampau,tulisan ini di tulis pada batu,emas, perak, perunggu, tembaga, tanah liat, atau tanduk binatang.
prasasti umumnya berisi cerita tentang suatu kerajaan. dari prasasti kita bisa informasi tentang silsilah raja, perjanjian antar kerajaan, hukum suatu kerajaan, agama yang di anut raja dan sebagainya.
4. PATUNG
5. BANGUNAN
bangunan yang mempunyai nilai sejarah antara lain candi, gedung, tempat ibadah, benteng, istana, tugu, dan makam.
B. MACAM-MACAM CERITA RAKYAT
ada beberapa macam cerita rakyat misalnya:legenda, mitos, dongeng, fabel, dan sage.
legenda adalah cerita terjadinya suatu tempat, legenda tidak dianggap suci karena tidak di anggap dewa.contoh legenda antara lain:
a. cerita terjadinya gunung tangkuban perahu di jabar
b. cerita asal usul nama banyu wangi di jawa timur
c. cerita terjadinya rawa pening di jateng
d. cerita terjadinya danau toba di sumut
mitos adalah cerita yang dipercaya benar-benar terjadi dianggap suci memiliki tokoh dewa. contohnya: asal usul candi prambanan, asal usul selat bali,dan putri buruti siraso.
dongeng adalah cerita yang tidak pernah terjadi dalam kehidupan nyata
fabel termasuk cerita rakyat
sage adalah cerita tentang tokoh kepahlawanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar